Simple Steps to a More Eco-Friendly Life

together_we_can_save_the_planet_poster-rf7bb7c1e3ad9457eb3c5ddcfdbd3ae5d_i38yd_8byvr_10241.jpg

 

Pagi ini pas check email, ada email dari change.org mengenai survey tentang hutan. Yang belum isi, yuk bisa isi di sini.

Di email itu, Glenn Fredly cerita tentang pengalaman dia pergi ke hutan Manusela di Maluku untuk nulis lagu. I was blessed to be able to visit a forest nearby Manusela, tepatnya di Pusat Rehabilitasi Satwa di Masihulan, Pulau Seram, last year.

IMG_1606.JPG

Sebagai anak kota, bisa dihitung dengan jari berapa kali aku pernah main ke hutan. Di Masihulan ini tempat penangkaran satwa, sebagian besar burung kakatua dan nuri. Ah, jadi nostalgia hehe. Habis ngisi survey dari change.org, aku sontak langsung teringat eco-friendly lifestyle yang udah aku jalani sejak tahun ini. Dan post kali ini aku mau sharing mengenai langkah-langkah kecil yang bisa kita mulai lakukan untuk membantu melindungi bumi.

 

Hindari penggunaaan microbeads

Pasti kita ga asing lagi dengan yang namanya microbead. Sabun, scrub, pasta gigi biasanya ada yang mengandung exfoliating agent. Hasil dari riset mengungkapkan bahwa efek penggunaan microbeads ini sampai ke tingkat merusak kehidupan laut. Manik-manik yang tampak tidak berbahaya ini dirancang untuk  mengalir ke melalui sistem pembuangan limbah dan berakhir di laut, di dalam perut ikan dan burung camar. Makhluk ini kemudian disantap manusia, yang lalu menyebabkan resiko kesehatan bagi kita yang mengkonsumsinya. Tau ga, katanya microbeads ini sama sekali useless. Kita bisa mendapatkan hasil yang sama menambahkan bahan alami seperti garam dan gula ke produk rumah tangga. Yuk lebih waspada dan bijak ketika berbelanja produk rumah tangga!

 

Katakan tidak pada surat

Jama sekarang kayanya udah jarang ya nerima surat atau majalah/koran. Palingan surat statement tagihan kartu kredit? HAHA. Yuk kita kontak bank dan ganti metode pengiriman tagihan ke online statement saja. Ini bisa membantu mengurangi penggunaaan kertas dan tinta yang tidak perlu.

 

Ingat tas jinjing (tote bag)

Betapa borosnya mengatakan ya pada kantong plastik di supermarket. Coba bawa tas belanja sendiri, sekarang banyak banget dijual dalam bentuk yang bisa dilipet hingga kecil sehingga sangat praktis dibawa-bawa. Dulu supermarket-supermarket memberlakukan peraturan membayar jika kita membutuhkan kantong plastik ketika berbelanja, tapi ke sini sepertinya tidak lagi diberlakukan. Tapi kalau mendadak harus beli sesuatu tetapi lupa membawa tas belanja sendiri, jangan merasa bersalah karena plastiknya bisa di-reuse jadi kantong sampah 🙂

 

Beli belanjaan kamu secara online

Selain menghemat bensin untuk pergi ke supermarket dan uang parkir, berbelanja groceries online bisa bantu kita menghindari membeli barang-barang yang tidak terlalu kita butuhkan ketika browsing di lorong supermarket.

 

BYO (Bring Your Own)

“Makan di sini atau take away?” tanya mba kasir, kemudian melemparkan tissue dan cutlery plastik ke dalam kantung plastik. Jika kamu tipe orang yang suka masak, ini jadi opsi yang bagus untuk membawa makan siang sendiri. Selain lebih sehat dan bersih, kamu juga bisa lebih menghemat pengeluaran kamu loh! Aku sih no. Aku tipe ga bisa bangun awal untuk nyiapin makanan hehe, tapi aku selalu berusaha say no ke cutlery plastik. Aku punya cutlery sendiri yang untuk traveling, beli di Tupperware. Memang sih lebih pe-er karena sehabis dipakai harus dicuci, dibanding dengan yang plastik, tinggal buang.

 

Sementara ini dulu yang udah aku coba, dan aku ga merasa kesulitan. Aku harap teman-teman yang ingin mulai hidup eco-friendly merasa terbantu dengan beberapa ide ini. Yang punya cara lain, share ke aku yaa di komen.. thank yooou 🙂

 

I’m off to save the world, toodles!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s